8 WNA Dideportasi dari Sumbar hingga Juni

| |

Padang.info – 8 WNA Dideportasi dari Sumbar hingga Juni – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) melalui Kantor Imigrasi Padang dan Agam mendeportasi sebanyak delapan Warga Negara Asing (WNA) sepanjang 2021.

“Sejak Januari hingga Juni ada delapan WNA yang dideportasi, satu dari Amerika dan tujuh lainnya warga negara Malaysia,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar Syamsul Efendi Sitorus di Padang, Kamis.

Ia menegaskan bahwa dalam kondisi pandemi COVID-19 pihaknya tetap memaksimalkan pengawasan serta penindakan terhadap WNA yang melanggar.

Ia merinci delapan WNA tersebut empat di antaranya merupakan penindakan oleh Kanim Kelas I TPI Padang, dan empat lainnya dari Kanim Agam.

Untuk penindakan Kantor Imigrasi Padang satu di antaranya WNA asal Amerika Serikat, ia dideportasi atas pelanggaran karena memberi keterangan yang tidak benar saat mengajukan perpanjangan izin tinggal.

Sementara tiga orang lainnya termasuk empat WNA hasil penindakan Imigrasi Agam berasal dari Malaysia, mereka dideportasi karena melebihi izin tinggal (overstay).

“Karena pelanggaran tersebut akhirnya dilakukan deportasi terhadap para WNA,” tegasnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap orang asing yang ada di Sumbar baik pengawasan bersifat langsung maupun yang sifatnya administrasi.

Pengawasan itu dilakukan demi memastikan WNA yang berada di wilayah Indonesia khususnya Sumbar sesuai dengan aturan dan ketentuan.

Serta untuk menghindari berbagai permasalahan yang muncul terkait dengan keberadaan serta kegiatan orang asing.

Padang.info – 8 WNA Dideportasi dari Sumbar hingga Juni – Kan tor Wi la yah Ke men ter ian Hu kum dan HAM Su ma te ra Ba rat (Su mb ar) me la lui Kan tor Imi gra si Pa dang dan Ag am me nd ep or ta si se ba ny ak de la pan Wa rga Ne ga ra As ing (WNA) sep an jang 20 21. “Se jak Ja nu ari hi ng ga Ju ni a da de la pan WNA ya ng di de por. 

Previous

Dekranasda Siap Kembangkan Industri Kerajinan Padang

Polisi Tak Lanjutkan Proses Hukum Pungli Panti Asuhan

Next

2 thoughts on “8 WNA Dideportasi dari Sumbar hingga Juni”

Leave a Comment