Padang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi

| | ,

Padang.info – Padang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi  – Pemerintah Kota Padang memastikan kesiapan sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang akan digelar pada 7-10 Agustus 2022.

“Kami berkomitmen menyiapkan acara ini lebih meriah dan menyambut kehadiran 97 wali kota dari seluruh Indonesia,” kata Wali Kota Padang, Hendri Septa di Padang, Rabu pada Peluncuran Rakernas XV Apeksi dan Pameran Promosi Kota se-Indonesia.

Menurut dia berbagai persiapan sudah dilakukan mulai dari sekarang termasuk menyediakan penginapan bagi 4.000 tamu yang akan tiba di Padang.

“Kami akan memberikan yang terbaik sebagai penyelenggara dengan sejumlah kegiatan,” kata dia.

Ia merinci kegiatan akan diawali dengan pelaksanaan welcome dinner pada 7 Agustus 2022 bertepatan dengan HUT Kota Padang ke-353.

Kemudian keesokan harinya akan dilaksanakan agenda rakernas diikuti oleh 98 wali kota di seluruh Indonesia.

Selain itu akan digelar pagelaran seni dan pameran promosi kota se-Indonesia.

Tak lupa akan ada tur kota, peresmian tugu Apeksi di kantor Balai Kota Padang dan juga kegiatan bersepeda bersama.

“Kami juga merancang pawai budaya yang akan digelar di Pantai Padang hingga lomba memasak rendang antar wali kota,” katanya.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto menyampaikan ada tiga hal yang baru pada Rakernas XV di Padang.

“Pertama akan ada Tugu Apeksi, dan ini belum pernah ada sebelumnya di Indonesia,” katanya.

Ia mengusulkan selain tugu juga dibuat Taman Apeksi berisi pohon ciri khas masing-masing kota dilengkapi logo kota dan nama wali kota.

“Jadi kalau ada warga yang berkunjung akan menjadi seolah berkeliling Nusantara menyaksikan tanaman yang khas dari masing-masing kota,” katanya.

Kemudian akan ada pawai budaya melewati Pantai Padang yang pemandangan indah.

Selama ini pawai budaya Apeksi hanya di pusat kota dan untuk pertama kali digelar di pinggir pantai, katanya.

Selanjutnya pihaknya juga akan menggelar kemah anak muda yang pesertanya utusan dari masing-masing kota di seluruh Indonesia.

“Masing-masing kota cukup mengutus dua orang kemudian digembleng untuk membangun jaringan tingkat nasional dan mengikuti kegiatan semacam jambore dengan berbagai materi yang diisi wali kota,” katanya.

Ia berharap Rakernas Apeksi menjadi simbol kebangkitan kembali ekonomi setelah pandemi dan simbol kolaborasi wali kota dalam membangun daerah. -Padang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi-

Previous

Polresta Padang Tindak Ratusan Truk Kelebihan Muatan

PSP Padang Targetkan Lolos Penyisihan Grup

Next

Leave a Comment