BBPOM Padang Dampingi Pengusaha Lokal

| | ,

Padang.info – BBPOM Padang Dampingi Pengusaha Lokal – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) memberikan pendampingan kepada pelaku usaha lokal agar senantiasa memproduksi obat dan makanan aman, bermanfaat dan bermutu.

Sepanjang 2022 setidaknya BBPOM Padang telah mendampingi 97 sarana produksi yang terdiri dari 78 sarana produksi pangan, 15 obat tradisional, dan empat kosmetik.

“Pendampingan ini demi mendukung pengembangan produk lokal namun tetap mengutamakan keamanan, manfaat dan mutu produk,” kata Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan puluhan sarana produksi tersebut tidak hanya berpusat di Kota Padang yang merupakan ibu kota provinsi, tapi juga tersebar di berbagai kota atau kabupaten lain.

Bentuk pendampingan yang diberikan adalah penyediaan informasi kepada pelaku usaha terkait tahap proses izin edar yg diterbitkan BPOM, lalu pembuatan denah bangunan ruang produksi pangan, obat tradisional, dan kosmetik.

Kemudian pendampingan GMP (Good Manufacturing Practice) untuk produk pangan, obat tradisional, dan kosmetik, terakhir mendampingi proses pendaftaran via aplikasi e-registrasi pangan olahan, notifikasi kosmetik, serta e-registrasi produk obat tradisional dan suplemen kesehatan.

Abdul Rahim berharap dukungan terhadap pelaku usaha lokal tersebut bisa menjadi bagian dari kontribusi BBPOM dalam memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19.l dalam dua tahun terakhir.

“BBPOM Padang pada intinya mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh masyarakat untuk menghasilkan produk berkualitas di bidang masing-masing,” jelasnya.

BBPOM Padang akan terus memperluas jangkauan pendampingan terhadap para pelaku usaha lokal di Sumbar yang menghasilkan produk, baik itu jenis obat-obatan, pangan, maupun kosmetik.

Para pelaku usaha juga diingatkan agar tidak melakukan praktik-praktik curang dalam kegiatan usaha seperti menggunakan bahan berbahaya dan terlarang demi meraup keuntungan.

“Pelaku usaha yang kedapatan melakukan tindakan tersebut akan diperiksa hingga diproses secara hukum oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang ada di BBPOM Padang,” tegasnya.

Pihak BBPOM juga mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas ketik memilih produk obat dan makanan lewat slogan Cek KLIK yakni cek Kemasan, cek Label, cek Izin edar dan cek Kedaluwarsa.

“Masyarakat sebagai konsumen juga dapat menggunakan aplikasi BPOM mobile untuk memastikan legalitas produk obat dan makanan,” jelasnya. -BBPOM Padang Dampingi Pengusaha Lokal-

Previous

SPFC Ditahan Imbang PSPS Riau Dalam Laga Uji Coba

Polresta Periksa Saksi Kasus Korupsi Sarana Belajar

Next

Leave a Comment