Hendri Septa Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil

| |

Padang.info – Hendri Septa Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil – Wali Kota Padang Hendri Septa mengusulkan pemanfaatan energi non fosil di dalam Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit mempertimbangkan Indonesia sebagai negeri maritim yang sangat potensial dengan limpahan energi dari gelombang laut dan angin.

“Saat ini kita masih mengandalkan energi fosil untuk memenuhi kebutuhan energi yang semakin menipis cadangannya, sementara kita memiliki sumber daya energi alternatif non fosil yang besar, namun pemanfaatannya masih minim,” kata Hendri Septa dalam sesi diskusi dalam Forum U20 Majors Summit, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia salah satu yang menjadi usulan dalam pemanfaatan energi non fosil yakni pemanfaatan teknologi gelombang laut dan energi angin akan dapat menggerakkan dan menjadi sumber energi berkelanjutan.

“Energi angin akan menggerakkan listrik, dan lainnya. Tentunya ini akan menjadi sumber energi baru di saat cadangan batu bara dan lainnya makin menipis,” katanya.

Wako menuturkan Indonesia merupakan daerah maritim. Energi dari angin laut akan sangat membantu daerah yang berada di pesisir pantai, seperti Kota Padang,dan lainnya.

Ia juga mengusulkan dan tengah memproses kerja sama dengan PT Semen Padang dan Kementerian Lingkungan Hidup terkait Refuse Derived Fuel (RDF).

Pada forum U-20 Mayors Summit tersebut sebanyak 12 wali kota lainnya juga ikut menyumbangkan saran yang akan disampaikan kepada Presiden RI sebagai kebijakan untuk kemudian menjadi rekomendasi kebijakan dunia.

U20 merupakan bagian dari rangkaian Presidensi G20 Indonesia 2022. U20 Mayors Summit merupakan puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi, dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

U20 Mayors Summit dihadiri 12 delegasi kota yakni Los Angeles (Wali Kota), Rotterdam (Wali Kota), Tokyo (Gubernur), Tshwane (Wali Kota), Mumbai (Komisaris dan Administrasi Kota, BMC), Sydney (Wakil Wali Kota), dan Berlin (Sekretaris Tetap Kewarganegaraan Aktif, Dukungan Demokrasi dan Hubungan Internasional).

Lalu, São Paulo (Wakil Sekretaris Hubungan Internasional), Madrid (Wakil Direktur Hubungan Internasional), Moskow (Wakil Kepala Departemen Ekonomi Eksternal dan Hubungan Internasional), Buenos Aires (Manajer Hubungan Internasional), dan Istanbul (Kepala Hubungan Luar Negeri Departemen IMM).

Selain itu, ada 10 delegasi kota yang hadir secara virtual yakni Amsterdam (Sherpa), Istanbul (wali kota), Izmir (Sherpa), Johannesburg (Sherpa), Lisboa (Walikota), Milan (Walikota), Moskow (Sherpa), Kota New York (Komisaris untuk Kebijakan dan Inisiatif Strategis), dan Osaka (Sherpa) Roma (wali kota).

Sementara untuk kota pengamat akan dihadiri 15 delegasi yang hadir secara fisik yaitu lima Wakil Wali kota, Quito (Dewan Kota Quito), Jawa Barat (Wali kota), Banjarmasin (Wali kota), Balikpapan (Wali kota), Makassar (Wali kota), Medan (Wali kota), dan Padang (Wali kota),

Lalu Palembang (Wali kota), Palu (Wali kota), Surakarta (Wali kota), Ambon (Pj Walikota), Yogyakarta (Pj Wali kota), Surabaya (Wakil Wali kota), Jambi (Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif). Ada juga dua delegasi kota pengamat yang hadir secara virtual yaitu Glasgow (Pemimpin Dewan Kota) dan Skopje (Wali kota). -Hendri Septa Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil-

Previous

Penanganan Jalan Sitinjau Lauik Harus Lebih Cepat

Sumbar Akan Bangun Jalan Tembus Padang-Solok

Next

2 thoughts on “Hendri Septa Usulkan Pemanfaatan Energi Non Fosil”

Leave a Comment