Pelatihan Wasit dan Pelatih Bola Tangan di Padang

| |

Padang.info – Pelatihan Wasit dan Pelatih Bola Tangan di Padang – Sebanyak 40 peserta akan mengikuti pelatihan wasit dan pelatih cabang olahraga bola tangan yang digelar Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Sumbar di Hotel Rasaki pada 16-18 September 2022.

Ketum ABTI Sumbar, Suhatri Bur di Padang, Rabu mengatakan pelatihan ini sebagai persiapan dalam menghadapi sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam waktu dekat.

Ia mengatakan peserta ini berasal dari pengurus ABTI sejumlah provinsi di Sumatera seperti Riau, Sumsel, Jambi dan Kepri.

“Alhamdulillah, kita dipercaya sebagai tuan rumah untuk pelatihan ini oleh PB ABTI. Ini sebagai bentuk persiapan kita untuk bisa berpartisipasi di berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” kata dia.

Menurut dia pelaksanaan kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan bibit unggul di masa yang akan datang, dengan memberikan legalitas pelatih sehingga mereka ini nantinya juga dapat mengembangkan cabang olahraga bola tangan hingga ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

Apalagi permainan olahraga bola tangan ini juga sangat asik dan juga pantas untuk menjadi pembelajaran pendidikan jasmani wajib di sekolah-sekolah. Dan ABTI Sumbar juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Sumbar untuk mengembangkan olahraga ini ke sekolah-sekolah yang ada di bumi Tuah Sakato.

Terkait pelatihan ini, nantinya akan diisi oleh sejumlah narasumber dari PB ABTI seperti Adnan Tinanjat sebagai pemateri pelatihan wasit, yang juga wasit nasional dan Maarif sebagai pemateri pelatihan pelatih yang juga pelatih nasional serta sejumlah kalangan akademisi dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Sekretaris ABTI Sumbar Septri mengatakan pelatihan ini dinilai sangat besar manfaatnya karena waktu dekat sejumlah wasit juga akan turun pada iven seperti Porprov, Porwil dan sebagainya dan salah satu syarat untuk bisa memimpin pertandingan, mereka harus memiliki lisensi.

“Soal pelatihan ini, untuk persiapan, semuanya saat ini sudah oke, termasuk panitianya. Hanya tinggal pelaksanaan saja. Dan untuk praktiknya nanti akan dilaksanakan di lapangan futsal Rafhely, Bypass,” kata dia.

Seperti diketahui, saat ini ABTI Sumbar sudah memiliki pengurus di seluruh kabupaten dan kota yang ada di ranah Minang, kecuali Pasaman, Dharmasraya dan Kabupaten Solok. Dan bola tangan termasuk salah satu cabang yang akan dipertandingkan di Porprov nanti.

“Karena itu, kami meminta kepada wasit dan pelatih ABTI agar bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Agar bisa memimpin ataupun menjadi pelatih tim bola tangan di berbagai iven nantinya,” kata dia.

Previous

Jaringan Telkomsel Kembali Normal Usai Terganggu

30 Persen BLT BBM sudah Diterima Warga

Next

Leave a Comment