Peradi “goes to school” Dimulai, Edukasi Siswa Tentang Hukum

| |

Padang.info – Peradi “goes to school” Dimulai, Edukasi Siswa Tentang Hukum – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Padang (DPC Peradi Padang) memulai kegiatan sosial kemasyarakatan yang dinamakan “Peradi Goes to School” atau Peradi mengunjungi sekolah.

Kegiatan untuk pertama kali dimulai di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padang, pada Selasa (4/10). Kegiatan perdana DPC Peradi Padang yang diikuti lebih kurang 100 orang siswa ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMA 1 Padang yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Rimelfi, S.Pd.I, MM. MA yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Eka Sovia.

Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, SH., LL.M., PhD yang menjadi nara sumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Peradi Goes to School bermaksud mengenalkan profesi advokat dan organisasi kepada para siswa SMA sekaligus memberikan penyuluhan hukum relevan.

Pada kesempatan itu, Miko Kamal memberikan pemahaman hukum tentang tawuran, hukum lalu lintas, hukum bullying (perundungan), dan hukum kebersihan.

“Semua warga negara berkewajiban mematuhi semua aturan yang ada agar tercipta keteraturan sosial. Setiap pelanggar hukum akan dijatuhi sanksi oleh yang berwenang”, kata Miko.

Miko memberi contoh tentang sanksi bagi pembuang sampah sembarangan seperti yang tertulis di dalan Peraturan Daerah Kota Padang No. 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah.

“Setiap orang yang membuang sampah sembarangan di Kota Padang dapat dijatuhi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp. 5.000.000. Sebab itu, agar terhindar dari hukuman, siapa saja harus tidak membuang sampah sembarangan,”kata Miko.

Miko juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kontribusi Peradi atau advokat ke masyarakat. Sebab, menurut Miko, di samping mencari profit, advokat juga berkewajiban berkontribusi positif di tengah-tengah masyarakat.

Wakil Kepala SMA 1 Padang Rimelfi menyampaikan terima kasih kepada Miko Kamal dan pengurus Peradi yang telah memilih SMA 1 Padang sebagai sekolah dimulainya Peradi Goes to School.

Menurut Rimelfi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk mengenal profesi advokat sejak awal dan memahami hukum positif yang berlaku di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini terbentuk generasi muda yang sadar hukum“, tambah Rimelfi.

Pada pembukaan kegiatan, Miko Kamal didampingi oleh beberapa orang pengurus DPC Peradi Padang, yaitu Mevrizal (Sekretaris), Fitriadi Ibrahim (Wakil Ketua), Danil Mulia, (Kepala Bidang Kerja Sama), Rezki (Bidang IT), Yudi (Bidang IT), Erpina Koto (Bidang Humas), dan Suci (Bidang Kerja sama).

Danil Mulia menyampaikan bahwa kegiatan ini akan digelar secara maraton pada setiap hari Selasa.

“Kami menargetkan akan lahir 2.000 kader siswa sadar hukum di Kota Padang yang akan jadi pionir di lingkungan mereka masing-masing, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah mereka”, kata Danil.

Di samping dihadiri oleh guru-guru dan pengurus DPC Peradi Padang, kegiatan itu juga dihadiri oleh beberapa orang alumni SMA 1 Padang dan tamu sepesial dari Australia brother Azis yang didampingi oleh Melqi Hamdani. -Peradi “goes to school” Dimulai, Edukasi Siswa Tentang Hukum-

Previous

Kejari Padang Kedepankan Restoratif Justice Untuk Perkara Pidana Ringan

Atlet Sumbar Raih Enam Medali Perunggu Dalam Kejurnas Karate

Next

Leave a Comment