Dinkes Padang Ajak Warga Waspadai DBD

| |

Padang.info – Dinkes Padang Ajak Warga Waspadai DBD – Dinas Kesehatan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak masyarakat di kota setempat agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang rentan terjadi di musim hujan.

Ajakan tersebut dikeluarkan oleh dinas kesehatan karena mengingat kondisi cuaca kota setempat yang mulai memasuki musim hujan sejak awal Oktober.

“Kami mengajak masyarakat agar mewaspadai penyakit DBD yang rentan terjadi di musim hujan, langkah-langkah antisipasi harus dilakukan sebagai pencegahan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati di Padang, Minggu.

Ia mengatakan antisipasi terbaik yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kebersihan lingkungan, serta memastikan tidak ada genangan air bersih di sekitar pemukiman maupun di rumah.

Genangan air bersih diketahui merupakan tempat berkembangnya jentik nyamuk termasuk nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi perantara penyebab penyakit DBD.

Srikurnia Yati menyarankan warga untuk menguras bak mandi atau tempat lain yang bisa menjadi sarang nyamuk, menutup tempat yang bisa menyimpan air, serta mengubur wadah yang menyebabkan genangan air.

“Nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD sangat menyenangi air bersih untuk berkembang biak, sehingga bak penampungan air harus selalu tertutup rapat,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang memiliki kolam, lanjutnya, diminta tidak membiarkannya kosong serta mengisi ikan supaya bisa memakan jentik nyamuk.

Ia mengatakan pihaknya terus menggencarkan sosialisasi terkait DBD kepada masyarakat melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di kota setempat.

Pihaknya juga bersinergi dengan program “Padang Bergoro” milik wali kota untuk mengajak seluruh masyarakat kota Padang untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Dinkes Padang mencatat pada Agustus angka kasus DBD sebanyak 95 kasus, untuk September 74 kasus, dan diharapkan pada Oktober bisa terus menurun. -Dinkes Padang Ajak Warga Waspadai DBD-

Previous

LKAAM Sumbar Bahas Status Gelar Adat Irjen Pol Teddy Minahasa

36 SMA di Sumbar Berstatus Sekolah Penggerak

Next

Leave a Comment