Warga Binaan Lapas Padang Jalani Tes Urine Dadakan

| |

Padang.info – Warga Binaan Lapas Padang Jalani Tes Urine Dadakan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Muaro Padang, Sumatera Barat melakukan tes urine secara mendadak terhadap 1.022 warga binaan pemasyarakatan demi memberantas peredaran narkotika di dalam penjara.

“Hari ini seribuan warga binaan penghuni Lapas Padang menjalani tes urine sebagai wujud komitmen kami memberantas narkotika,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar R Andika Dwi Prasetya, di Padang, Rabu.

Selain warga binaan, katanya, tes urine juga dilakukan terhadap 125 pegawai Lapas Padang untuk memastikan penjara yang berada di kawasan Pantai Padang tersebut benar-benar bersih dari narkoba.

Pelaksanaan tes dipantau langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar sebagai pimpinan dari seluruh Lapas atau Rumah Tahanan Negara (Rutan) di provinsi setempat, serta menggandeng pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP).

Andika mengatakan tes urine tersebut penting dilakukan untuk memastikan tidak ada peredaran narkoba di dalam lingkungan Lapas Padang.

“Jika ada yang positif maka itu akan menjadi indikasi bagi kami bahwa peredaran narkoba masih terjadi di dalam lingkungan Lapas,” katanya.

Ia menegaskan jika memang ada yang terkonfirmasi positif narkoba maka akan ditelusuri serta ditindaklanjuti pihaknya, baik untuk pegawai Lapas ataupun warga binaan pemasyarakatan.

“Komitmen dari Menkumham RI sudah jelas bahwa program P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) harus terwujud, kami tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi,” tegasnya.

Pihaknya juga membuka ruang kepada aparat penegak hukum untuk memproses persoalan itu lebih lanjut secara transparan.

Andika menjelaskan setelah tes urine dilaksanakan maka pihaknya tinggal menunggu hasil secara resmi dari pihak BNNP provinsi setempat.

Ia menyatakan Kanwil Kemenkumham Sumbar akan terus melakukan kegiatan serupa secara bergantian di Lapas atau Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang ada di provinsi setempat.

“Target kita adalah UPT Pemasyarakatan bebas dari peredaran narkoba, ini bentuk kontribusi Kemenkumham dalam memberantas peredaran narkoba di Indonesia,” jelasnya.

Sementara Kepala Lapas Padang Era Wiharto mengatakan pihaknya terus memaksimalkan pengawasan terhadap praktik penyelundupan narkoba maupun barang terlarang lainnya ke dalam penjara. -Warga Binaan Lapas Padang Jalani Tes Urine Dadakan-

Previous

Gubernur Mahyeldi Minta Daerah Laporkan Kasus Mirip Gagal Ginjal Akut

IKA Faterna Unand Ajak Alumni Pulang “Kandang”

Next

Leave a Comment